[FR] Hunting Kelabu Di Sunda Kelapa

Hunting perdana bareng teman-teman kantor ini benar-benar “kelabu” bukan hanya diakhiri dengan basah kuyub diguyur hujan, tapi hasil foto dan mood di lokasi juga sama-sama kelabu.

Direncanakan dari sebulan sebelumnya, sampai email ke hampir seluruh divisi termasuk Div-Head, akhirnya berkumpulah 7 orang di Masjid Pelabuhan Sunda Kelapa (bukan masjid sunda kelapa ya.., beda :D). Gue dan Mas Daru bawa istri dan Mas Danar bawa istri, anak dan 2 ponakan. Setelah berdoa bergeraklah kita ke parkiran kapal-kapal. Tidak lupa foto dulu.

All crew ready to aboard!

All crew ready to aboard! Ki-ka: Mas Danar, Bintang, Bagus, Boby, Harits, Mas Daru, Istri Mas Daru, Ari Istri gue, dan gue sendiri.

Setelah selesai foto baru deh sadar ketololan #1. Lupa ganti ISO. Ini tolol banget, udah bertahun-tahun gue megang DSLR hal sepele kayak gini sampe lupa. Parah!

Abis itu gue transaksi dulu sama Mas Danar. Gue beli filter Hoya CPL Pro-1 dari dia. Dan langsung gue pasang ke Tamron gue. Ini adalah ketololan #2, kenapa? Karena setelah gue sadari filter CPL agak merubah warna dari foto. Untuk skin-tone, jujur gue bilang malah jelek. Bukan selera gue lah. Tapi untuk langit, OK lah. Masih harus belajar cara pake CPL. Tapi menggunakan CPL selama hunting kali ini benar-benar kesalahan. Hehe..

Kita mulai berpencar cari objek foto yang menarik, disini gue melakukan ketololan #3 dan yang paling parah! Gue sampe lupa sama istri gue. #tepokjidat. Istri gue sampe marah, dia ditinggal sendirian duduk megangin tripod. Diliatin sama kuli-kuli pelabuhan. Duh, merasa bersalah banget. Dan ini langsung bikin mood gue jelek. Liat nih muka marah istri gue..

Istriku marah…

Setelah 3 kebodohan itu, rasanya udah males hunting. Byar-pet mood nya. Tapi, masih ada beberapa foto yang “lumayan” yang bisa di share.

Sail under the sky

Sail under the sky

Tied

Tied

Triangle

Triangle

Boat

Boat

The Sailorman

The Sailorman

Joroknya Pelabuhan Sunda Kelapa

Joroknya Pelabuhan Sunda Kelapa

In Action

In Action

bad cropping

bad cropping

Udah itu aja yang bisa di share.

Sedikit tips & info kalau mau hunting ke Pelabuhan Sunda Kelapa:

  • Biaya masuk Rp.3000 untuk mobil
  • Dekat pintu masuk ada Indomaret buat perbekalan
  • Parkir mobil bisa dimana aja, atau mungkin lebih aman di Masjid.
  • Bawa masker, ini penting banget mengingat pelabuhan penuh debu

Tips fotografi:

  • Gunakan CPL hanya untuk landscape. Untuk foto potrait / street akan merusak warna.
  • Jangan lupa selalu cek settingan kamera (kayaknya positif beli kamera baru nih, yang ada display setting di atas :P)

Sebenarnya Pelabuhan Sunda Kelapa punya banyak hal menarik yang bisa di capture. Sayang gue gagal meng-capture-nya.

One thought on “[FR] Hunting Kelabu Di Sunda Kelapa

Leave a Reply

