Tips Ampuh Mengenali Penipu di Kaskus & OLX

Kaskus bersama OLX & Berniaga ada situs classifieds paling terkenal di Indonesia. Classified dapat diartikan sebagai tempat beriklan, seperti kolom iklan di koran. Artinya ketiganya tidak mengurusi transaksi para penjual dan pembeli. Segala transaksi menjadi tanggung jawab penggunanya.

Karena tidak mewadahi segala bentuk transaksi jual beli, situs classifieds paling banyak dihuni oleh pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menipu.

Saran saya, percayakan pembelian barang yang berharga mahal ke situs marketplace yang menangani penjualan seperti Tokopedia. Jika memang menemukan barang yang diinginkan hanya di situs classified, maka usahakanlah COD, jika tidak bisa juga, berikut cara paling sederhana nan ampuh untuk mengenali penipu:

1. Hindari Barang BM atau Black Market.

Alasan singkat: penipu cenderung memasang harga murah dengan alasan barang tersebut adalah barang Black Market. Hindari saja, jangan sampai tergiur dengan harga murah.

Alasan sebenarnya: ketahuilah, bahwa barang black market artinya barang tersebut dibawa masuk ke Indonesia tanpa melewati bea cukai untuk menghindari pajak. Sedangkan pajak import itu hanya sekitar 10-15%. Jadi, walaupun barang BM, tidak mungkin harganya berbeda sangat jauh dengan harga di pasaran Indonesia.

Intinya: kalau harga barang yang dijual sangat murah, jauh dibandingkan dengan harga jual di pasaran, curigai: dia penipu atau barangnya hasil curian.

2. Hindari Penjual Yang Berlokasi di Beberapa Kota Sekaligus

"Penjual" Yang Buka 3 Toko Kamera Sekaligus.. :)

“Penjual” Yang Buka 3 Toko Kamera Sekaligus.. πŸ™‚

Seperti gambar diatas, si penipu membuka tiga toko di tiga daerah sekaligus. Mungkin saja memang demikian adanya (bukan penipu), tetapi bagi anda yang awam dengan transaksi jual beli online, sebaiknya hindari penjual yang seperti ini.

3. Hindari Penjual Di Daerah Kecil nan Terpencil

Usahakan cari pembeli di Kota yang sama dengan tempat tinggal kita. Karena penipu cenderung memilih tempat yang jauh dan terpencil untuk menghindari permintaan COD.

Sekali lagi, mungkin saja benar ada orang di daerah yang ingin menjual barangnya, namun bagi pembeli awam, lebih baik cari di Kota yang sama untuk menghindari penipuan.

Seperti gambar dibawah, si penipu sengaja memasang lokasi di NTB. Di cek lagi harga barangnya, ternyata sangat tidak masuk akal. Sudah dipastikan ini adalah penipuan.

Sengaja Menjual Dari Daerah Kecil Untuk Menghindari COD

Sengaja Menjual Dari Daerah Kecil Untuk Menghindari COD

 

4. Pastikan Gambar Yang Dipasang Asli

Ini agak sulit, tapi ampuh menangkal penipu.

Penipu pasti menjual sesuatu yang dia tidak punya. Untuk menjual dia butuh memasangkan foto untuk meyakinkan pembeli. Bagaimana dia memasang foto barang yang dia tidak punya? Tentu dengan mencari di internet.

Tugas kita, memastikan foto yang dipajang bukan foto yang beredar di internet. Caranya:

  1. Klik kanan foto, pilih “copy image location”
    trick_cari_foto_1
  2. Masuk ke google.co.id, pilih “Images”
    trick_cari_foto_2
  3. Klik logo kamera di kolum pencarian.
    trick_cari_foto_3
  4. Ctrl + V alias paste url yang sudah di copy pada langkah pertama, lalu klik “Searhc by Image”.
    trick_cari_foto_3
  5. Hasilnya:
    trick_cari_foto_4

Sayangnya hasil pencarian gambar ini kurang menunjukan gambar tersebut hasil comot jualan orang lain, tapi coba saja klik salah satu link tersebut. Setelah dicoba ternyata penjual yang asli menjual barangnya seharga 10,5jt dan kemudian turun jadi 9jt. Itu hanya untuk kameranya saja, lensanya si penjual asli menjualnya secara terpisah.

Contoh lain, dibawah saya melakukan hal yang sama terhadap penipu lain. Terlihat foto yang digunakan si penipu ternyata di ambil dari situs di Jepang.

Hasil Pencarian Image Yang Menangkap Basah Foto Palsu si Penipu

Hasil Pencarian Image Yang Menangkap Basah Foto Palsu si Penipu

Baiklah, semoga tips-tips sederhana Saya bisa menghindarkan netter dari percobaan penipuan.

Advertisements

26 thoughts on “Tips Ampuh Mengenali Penipu di Kaskus & OLX

  1. Trim’s infonya sangat berharga mslhnya saya pernah ketipu di tokobagus.com sblum jd olx.co.id tp kalau di bukalapak.com gemana ya asli apa ada penipuannya…mohon dijelaskan…trim’s

    • tokobagus / olx memang sarangnya penipu gan. karena mereka hanya sebagai wadah. mereka tidak mengawasi penjual / transaksi di dalamnya.
      contoh nyata: pasar kaget / bazzar. (penjual & pembeli bertransaksi langsung. seandainya ada masalah penyelenggara pasar / EO tidak mau tau)

      berbeda sama tokopedia / bukalapak. mereka mewadahi sekaligus menghandle transaksi di dalamnya.
      jadi meskipun ada penjual, dia baru akan dapat uangnya jika barangnya sampai & pembeli tidak komplain.
      contoh nyata: supermarket misal carrefour (disana banyak produsen menjual barang. tapi mereka dapat uang jika ada yang beli, tentunya pembeli bisa memastikan dulu barangnya bagus sebelum membeli)

    • Singkatnya tokopedia / bukalapak jauuuuuh lebih aman dibanding kaskus / olx.
      namun tentunya tetap ada penipu, tetapi seandainya ada pembeli yang tertipu, pembeli cukup kompain, pihak tokopedia / bukalapak akan menginvestigasi, dan jika benar penipuan, uang akan kembali 100%.

      keamanan terjamin. namun ada baiknya tetap hati2.
      karena walaupun uang aman, pembeli akan rugi waktu untuk memesan, menunggu barang sampai, komplain, dan menunggu uang dikembalikan..

    • lazada menurut sy sangat kecil kemungkinan terjadi penipuan.

      tetapi bbrp waktu lalu sempat juga terjadi kasus orang membeli smartphone (kalau tdk salah iPhone 6), yang sampai sabun. Kejadiannya 2x, tetapi langsung di respons sama pihak lazada.
      bisa cari beritanya di media berita online.

  2. Kalau saya lebih memilih barangnya diantarkan lansung ke rumah saya untuk memastikan bahwa sipelapak dari OLX bukanlah penipu. Terkecuali jika belanjanya lansung disitus Bukalapak, karena dana yang kita transfer masuk kerekening situsnya dulu, bukan sipelapaknya, dan apabila lebih dari 5 hari para pelapak tidak juga merespon untuk mengkomfirmasi, otomatis dana kita akan dikembalikan lagi ke Saldo Buka Dompet (BL) dari akun milik kita tuh sob.. Artinya kita tidak akan bisa tertipu sama penjual2 berstatus gadungan secara online.. πŸ˜€

    • betul. situs bukalapak, tokopedia lebih aman karena ada sistem rekber. kaskus juga mulai mewajibkan rekber. sedangkan olx paling rawan. cara agan bagus tuh untuk jenis barang2 tertentu πŸ™‚

  3. Assalamu’alaikum wr.wb
    Misi mas saya mau tanya nih. Ortu saya mau beli mobil Toyota Kijang Krista 2.0 A/T 2004 Warna Silver di olx.co.id websitenya http://olx.co.id/iklan/toyota-kijang-krista-2-0-a-t-2004-warna-silver-bekasjadiberkah-IDizKwd.html
    saya udah ikutin cara mas salah satunya itu yang salin lokasi gambar. Dan ternyata gambar yang dimuat di olx sama persis di kaskus http://fjb.m.kaskus.co.id/product/5282fcb520cb172b05000000/m.kaskus.co.id

    Tapi di kaskus mencantumkan plat nomor mobil. Platnya B. Nah tapi di olx plat nomor nyaa di itemin. Dan di desc bilang plat AD. Itu saya curiga.

    Sebelumnya ortu saya udh deal. Udh transfer 5jt. Tp penjual bilang ada pembeli lagi yg transfer stghnya. Penjual nyuruh trasnfer lg 20jt. Bapak saya curiga. Nyuruh paman saya utk cari lokasi si Penjual dan kebetulan deket. Ortu saya perjalanan ke bank. Tapi nunggu paman saya dulu apakah benar atau tidak.
    Nah saya juga ikut curiga soalnya pas mau ke bank si penjual telfon mulu berkali kali. Akhirnya saya kepo, caari di internet sampai Alhamdulillah ketemu wordpress mas. Sampai sekarang ortu saya blm transfer. Terus pas saya ketemu gmbar mobil itu di kaskus langsung saya ksh tau ke ortu. Saya lg nunggu kbr dr ortu yg lg di bank.

    Mas saya minta tolong yg di website olx itu penipu atau bukan? dan yg website kaskus itu penjual aslinya atau dia juga penipu. Terimaksih mas.

    Wassalamu’alaikum.wr.wb

    • Waalaikumsalam..

      Mohon maaf link yang diberikan sudah tidak valid, tidak biasa saya buka.
      Lagi pula, saya tidak bisa menuduh jualan seseorang itu peinipuan atau bukan. Saya cuma share cara mengenali penipuan, jika menemukan yang sesuai tulisan saya, sebaiknya dihindari, atau ketemuan langsung.

      Tapi itu patut dicurigai kalau si penjual terus meminta uang. Bisa di googling modus penipuan dengan cara “membuat panik” pembeli, sehingga mau transfer terus sesuai permintaan penjual.

      Sekali lagi saran saya kalau mencurigakan, lebih baik ketemuan langsung. Jangan hiraukan segala bujuk rayu penjual untuk transfer sebelum ketemuan/deal, apapun alasannya.

  4. Terimakasih pencerahannya,…….. ……….

    Mungkin ini bisa jadi pertimbangan teman2 lainya,
    Baru2 ini ( akir Mei 2016 ) sy juga terkena tipu orang yg jualan di OLX dan juga jualan di banyak situs,.
    Yg satu ini tricknya dia dia mau TT barang daganganya datang ke rumah membawa barangnya dan ajak anak istri utk lebih meyakinkan. Setelah sebelumnya dia menghubungi via sms.
    Tapi setelah sampe di tempat sy membatalkan TT dg alasan kondisi brg sy ga sesuai dg yg diinginkqn.

    Dilain waktu dia sms lagi nawar brg dagangan sy lainya utk TT juga, ……. hrg tidak deal, akirnya sy yg berinisiatif membeli barang dagangan dia, karena sy sdh pernah cek dan lihat ketika pas dibawa ke tempat saya.
    Tawar menawar dan harga deal………. sy transfer ke rek a.n Istrinya. ( sy juga ga kepikiran kalo pedagang pasti pake rekening sendiri bukan nama orang lain )

    Hari pertama ga dikirim alasanya sibuk da sdg luar kota, …… hari ke 2 dikirim dg menjukkan foto resi kiriman.
    Setelah barang sy ambil di titipan paket,……. ternyata yg dikirim bukan brg yg dimaksud di transaksi, tapi barang rongsokan.

    Sy sampaikan ke yg jual, dia jawab salah memasukkan brg,…… sy diminta kirim balik brg ringsokan itu.
    Sy bilang sama2 kirim saja biar cepat prosesnya, dia bilang ga bisa ….. brg yg salah kirm harus balik dulu, baru brg yg benar dikirim ke saya.

    Malas kirim balik brg rongsokan itu sy beli saja akan sy transfer kalo brg yg benar sdh sy terima,…… dia bilang harus transfer dulu baru dikirim.
    Sy dongkol … sy transfer juga, dia sumpah kalo sdh ditransfer brg yg benar akan dikirim hari itu juga.

    Ternyata,…… ga dikirim juga, alasan minta tambah ongkir karena harus bayar ongkir lagi, … ga sy sanggupi sy mau ambil saja solo – Smg ga jauh juga……. sy minta teman di Smg cari alamtnya ternyata bukan alamt yg benar ( palsu ).
    Dia bilang benar katanya,……. trus dia bilang mau diantarr saja ke alamat teman sy yg di Smg juga,… tapi ga dianter juga,……. Bolang lagi mau ditransfer balik uang sy,…. sampe sekarang ga ditransfer juga.
    Sy peringatkan akan sy buat surat terbuka,…….. dia bilang ga takut, dg alasan brg sdh dikirim.

    Anehnya sesekali dia masih sms sy dan setengah menggoda,……..
    Semoga ini jadi masukan teman2 lainya………..

    • lapor polisi. Cerita Mentri Roy Suryo ini mungkin bisa jadi inspirasi melaporkan penipuan online.

      kalau setiap korban penipuan melapor, mungkin penipuan online akan hilang.
      masalahnya tidak ada yang mau lapor, mungkin karena malas (ruginya sedikit), malu (dianggap bodoh karena tertipu), atau memang tidak tau kalau bisa lapor..

  5. ada gan yg gak masuk akal nih ,,,, kata nya lagi promo,,,, transfer ny mint di kirim langsung lewat rekening yg menjual… tanpa melalui rekening buka lapak…..dia jual sony xperia z1 compact 700.000… dikiranya saya bodoh kali….. wkwkwkkw,,,,,,,

    • ga tau gan.
      kalo menurut logika, barang BM = barang selundupan yang menghindari pajak.
      kalau selundupan, masa iya berani jualan online. yang jual siap2 di grebek / yang beli siap2 kena tipu.. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: